Senin, 29 September 2014

Danau Linau Tomohon, Sulawesi Utara


Danau Linau merupakan danau yang unik, Mengapa? Karena Danau yang terletak di kelurahan Lahendong, Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon, Sulawesi Utara, bila terkena sinar matahari, warna danau ini terlihat mempunyai 3 warna, yaitu merah, kuning dan hijau. Walaupun sekarang warna yang tampak sudah lebih dari 3 warna.
Warnanya akan lebih dari 3 jika matahari tepat berada di atas permukaan danau. Warna-warna itu karena pengaruh dari belerang.
Lokasi danau ini dulunya adalah kawah gunung berapi. Menurut cerita turun temurun dari orang-orang tua di wilayah itu, danau ini dulunya kawah. Namun setelah proses alam ribuan tahun menjadi danau.
Luas danau sekitar 46 hektare dengan kedalaman mencapai 36 meter. "Kalau mandi air belerang bisa saja. Tapi dilarang untuk mandi dalam danau. Lumpurnya berbahaya. Kelihatan dari permukaan dangkal padahal dalamnya bisa mencapai puluhan meter,"
Danau Linau kini menjadi daerah tujuan wisata di Sulawesi Utara. Keunikannya membuat sejumlah turis asing tertarik untuk membuat foto prewedding di kawasan ini.
 Untuk masuk ke kawasan ini tamu lokal, nasional ataupun internasional mendapat beban yang sama. Biaya masuk anak-anak maupun dewasa Rp 20.000 per orang.
Kawasan wisata ini terdiri dari pemandangan di sekitar danau, pondok peristirahatan, hutan pinus, air panas belerang untuk berendam kaki atau mandi dan kafe yang menyiapkan aneka makanan dan minuman.



sumber: http://www.tribunnews.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar