Senin, 29 September 2014

Bukit Kasih Sulut

Masyarakat Sulut dan Minahasa mempunyai semboyan "Torang Samua Basudara" yang berarti "Kita Semua Bersaudara". Semboyan itu tercermin dari sebuah tempat wisata, yaitu Bukit Kasih.
Dinamakan Bukit Kasih karena orang-orang dari berbagai agama dapat berkumpul dan berbagi kasih kepada sesama. Dari semboyan masyarakat, Bukit Kasih adalah sebagai simbol perdamaian. Selain itu, Bukit Kasih mengingatkan kita tentang kerukunan antar umat beragama.

Bukit Kasih dibangun pada tahun 2002. Dan untuk mencapai puncak Bukit Kasih, anda harus menaiki tangga yang curam sebanyak 2435 anak tangga atau anda bisa melewati akses aman disebelah kanan. Pada saat anda menaiki tangga, anda dapat melihat pemandangan indah kawah belerang yang digunakan sebagai tempat untuk memasak telur, jagung, dan kacang.








Saat anda melewati pintu masuk, anda akan melihat sebuah tugu setinggi 22 meter. Tugu ini dinamakan "Tugu Toleransi". Dinamakan Tugu Toleransi karena  tugu ini berbentuk segi lima, dan disetiap sisinya tedapat ukiran gambar dan simbol serta kutipan ayat Kitab Suci dari masing-masing agama.



Dipuncak bukit kasih juga terdapat tempat-tempat Ibadah dari setiapa agama yang ada. Setiap pengunjung dapat masuk ke tempat Ibadah masing-masig dan bisa mengadakan peribadatan/berdoa atau pun untuk bersimedi.





Di Bukit Kasih anda juga akan melihat patung-patung, yang dimana patung ini adalah leluhur atau yang biasa masyarakat Minahasa menyebut Tuama. Patung- patung tersebut antara lain adalah patung "Toar dan Lumimuut".






Di Bukit Kasih ada terdapat pahatan-pahatan wajah yang besar di dinding tebing. Pahatan wajah ini tidak lain adalah leluhur dari masyarakat Minahasa, yaitu Toar dan Lumimuut. Pahatan wajah ini bertujuan untuk mengingatkan kepada masyarakat Minahasa akan nenek moyang mereka.






Di Bukit kasih juga terdapat tempat penjualan souvenir dari Sulut, dan juga banyak pedangan yang berjualan. Mereka menjual kalung-kalung, cincin, dan gelang sebagai oleh-oleh atau kenang-kenangan untuk para pengunjung.
Di Bukit kasih juga disediakan beberapa jajanan, seperti Pisang goreng, jagung rebus, kacang rebus, dan masih banyak lagi.
Jarak yang akan anda tempuh dari Manado ke Bukit Kasih adalah 55km dengan waktu tempuh selama sekitaran 1 jam.
Jika berkunjung ke Sulawesi Utara, rasanya tidak lengkap jika tidak menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Bukit Kasih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar